Daftar Isi :

Tips Mudah Untuk MemBACKUP Blog

Beberapa waktu lalu, om Google gencar membanned atau menghapus blog, termasuk blog-blog master, diantaranya blog Kang Roohman. Untuk alasannya, hanya om Google yang tahu? Nah, untuk jaga-jaga apa salahnya kalau kita mengantisipasinya dengan memBACKUP BLOG kita. Lagi pula caranya mudah lo.

Ini TKP-nya:
Gunakan fasilitas yang disediakan blooger yaitu export blog. Dengan “Export Blog” kita dapat dengan mudah menyimpan seluruh file dan postingan ke media hard drive seperti harddisk, cd atau usb.


1. Masuk ke dashboard blogspot.

2. Pilih tab Settings

3. Pada Settings, pilihlah sub tab Basic

4. Di baris Blog Tools, pilih link Export blog. Pada menu window yang muncul, klik tombol DOWNLOAD BLOG.

5. Tunggu proses downloading data hingga selesai.

Jika sudah selesai, silahkan cek lokasi di harddisk dimana segala hasil download disimpan. Ciri-ciri filenya adalah tanggal download dilakukan dan berekstensi xml. Contoh nama file seperti ini: blog-20-02-2010.xml.

Setelah proses back up selesai dan jika suatu saat Agan membutuhkannya lagi, cukup gunakan fasilitas “import”, blog akan kembali normal.

So, jangan lupa untuk mem-backup blog kita, sehingga kalau kejadian blog tanpa sengaja terhapus atau sengaja dihapus oleh blogger masih ada cadangan/backup yang terselamatkan.

Happy blogging!

0 komentar:

Posting Komentar

Info Link :